Langkah Jitu Budidaya Semut Jepang Sampai Berhasil

Budidaya Semut Jepang Dengan Baik Dan Benar


budidaya semut jepang oka

berbudidaya / menternak semut jepang bisa dikatakan mudah, dan bisa juga dikatakan susah. Dalam berbudidaya semut jepang perlu ketelatenan dan juga kesabaran, karena jika 2 hal tersebut tidak anda miliki, sebaiknya anda buang jauh - jauh jeinginan anda untuk berbudidaya / menternak semut jepang.

Kenapa saya bilang demikian ? karena anda wajib mengontrol / mengawasi kebersihan "kandang" dari semut jepang, makanan semut jepang, dsb, untuk berbudidaya semut jepang tidaklah singkat, anda butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasilnya, akan tetapi jika anda sudah berhasil membudidayakan semut jepang, anda akan bisa menghasilkan uang.

Uang ? betul ! segala sesuatu bisa anda jual dan menghasilkan uang, tidak terkecuali dengan semut jepang, dengan anda berhasil berbudidaya semut jepang, anda bisa menjual semut jepang hasil budidaya anda kepada orang - orang yang membutuhkan semut jepang.

Tanpa basa - basi lagi, saya akan segera menjeaskan cara budidaya semut jepang yang baik dan benar, agar menghasilkan banyak bibit - bibit semut jepang, berukut caranya :

  • Semut Jepang
Untuk tahap pertama dalam berbudidaya semut jepang, anda wajib memiliki semut jepang terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan semut jepang diberbagai situs jual beli, atau website - website yang menjual semut jepang, kisaran harga semut jepang adalah antara Rp 500 s.d Rp 1.000/ekornya.

  • Jumlah Semut Jepang
Banyak orang yang bertanya kepada saya, berapa minimum semut jepang yang wajib dimiliki untuk budidaya semut jepang ?, tidak perlu banyak, sebetulnya untuk awal - awal anda berternak semut jepang, 20 ekor sudah cukup, akan tetapi jika memang anda menginginkan kecepatan dalam menghasilkan semut jepang, anda bisa membeli 100 ekor semut jepang.

  • Siapkan Kandang Semut Jepang
 Keunikan dari berbudidaya semut jepang ini adalah terletak pada kandang, anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk memelihara semut jepang, karena hanya denga bermodalkan toples, anda sudah bisa berternak semut jepang.

Untuk toples, sebaiknya anda menggunakan toples yang terbuat dari plastik ( bukan kaca ) karena jika anda menggunakan toples kaca, ini akan mengakibatkan suhu dalam toples tersebut akan sangat panas, dan hal ini bisa mengakibatkan kematian pada semut jepang ternakan anda.

Berikan sirkulasi udara pada toples untuk menaruh semut jepang ternakan anda, tidak perlu besar, anda bisa menggunakan peniti untuk melubangi toples tersebut, buatlah 20 - 30 lubang udara pada tutup topes tersebut.

  • Makanan Semut Jepang
Siapkan makanan untuk semut jepang ternakan anda, makanan dari semut jepang adalah ragi, anda bisa membeli ragi ini di berbagai macam pacar tradisional yang terdapat di daerah rumah anda, verapa banyak ragi yang dibutuhkan untuk makanan semut jepang ? tergantung dari anda jumlah semut jepang yang anda punya.

Normalnya untuk 10 semut jepang ada 1 buah ragi, jadi jika anda memeihara 1000 ekor semut jepang, ragi yang anda butuhkan adalaj 10 buah. dari 10 buah ragi ini, akan habis selama 1 bulan. apakah semut jepang perlu diberi air minum ? tidak.

  • Kapas
Kapas disini berfungsi untuk menaruh telur - terus dari semut jepang, biasanya mereka ( semut jepang ) akan membuat jalur pada kapas dan akan menyimpan telur - telur mereka pada kapas yang telah anda taruh didalam toples.

Untuk jumlah kapas yang anda butuhkan adalah 1/4 s.d 1/2 dari ukuran toples yang anda gunakan untuk semut jepang ternakan anda, kapas apa yang bisa saya gunakan ? semua jenis kapas, termasuk kapas kosmetik.

  • Tempat penyimpanan
Lokasi penyimpanan toples dari semut jepang ternakan anda haruslah pada temperatur / suhu udara yang tidak terlaluu dingin, tidak terlalu panas dan terdapat sedikit cahaya matahari, dan yang paling penting, pastikan binatang seperti cicak dan semut biasa tidak bisa menghinggapi toples ttersebut.

  • Bersihkan Kandang
Jika anda rasa kandang / toples dari semut jepang anda udah dipenuhi oleh serbuk dari ragi makanan semut jepang, sebaiknya anda membersihkan kandang tersebut atau anda bisa memindahkan semut jepang anda ke toples baru.

Untuk proses dari bertelur hingga menghasilkan semut jepang dewasa biasanya memakan waktu 3 4 bulan setelah semut jepang bertelur. proses dari bertelur hingga menjadi semut jepang dewasa, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini

budidaya semut jepang
Sekian tutorual budidaya semut jepang yang bisa anda praktekan dirumah anda, dan jika ada yang ingin ditanyakan, anda bisa bertanya di kolom komentar dibawah, secepat mungkin saya akan membalasnya. terima kasih

Baca Juga :
Khasiat Semut Jepang Yang Jarang Orang Ketahui
Aturan Minum Semut Jepang
Cara Mengkonsumsi Semut Jepang Yang Baik Dan Benar

0 Response to "Langkah Jitu Budidaya Semut Jepang Sampai Berhasil"

Posting Komentar